Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMA Negeri 1 Wonogiri Tahun 2023

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah sebuah pelatihan dasar untuk siswa tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Dengan adanya kegiatan LDKS tersebut, siswa diharapkan dapat menjadi pribadi yang memiliki jiwa-jiwa kepemimpinan dalam berperilaku. Pada hari Kamis, 16 Maret 2023 hingga hari Sabtu,18 Maret 2023 kemarin, SMA Negeri 1 Wonogiri telah melaksanakan kegiatan LDKS yang diikuti oleh seluruh Anggota Pengurus OSIS, MPK dan Ketua Ekstrakurikuler Masa Bakti 2022/2023. Kegiatan LDKS yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 1 Wonogiri merupakan agenda tahunan dan Program Kerja OSIS masa bakti 2022/2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Bumi Perkemahan Al-Amin Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Kegiatan LDKS kali ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada kegiatan LDKS sebelumnya, materi lebih terfokus pada kedisiplinan siswa. Sedangkan pada kegiatan LDKS kali ini siswa tidak hanya belajar tentang kedisiplinan, namun juga belajar tentang mengelola dana dan administrasi dalam sebuah organisasi. Dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan siswa dapat mengelola dana yang tersedia dengan efisien dan dapat membuat poposal, LPJ, dan lain-lain yang terkait dengan administrasi dengan baik.

Pemberangkatan peserta LDKS dilaksanakan pada hari Kamis,16 Maret 2023 setelah jam pelajaran ke-6. Peserta LDKS berkumpul di lapangan gedung selatan untuk  mengumpulkan berkas surat pemberitahuan kegiatan ldk yang telah di tanda tangan i orang tua dan surat pernyataan riwayat kesehatan setelah itu para peserta ldk berkumpul dan melakukan doa bersama agar semua kegiatan yang akan di laksanakan dari awal hingga akhir kegiatan ldk berjalan dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun, di lanjutkan dengan pembagian jumlah penumpang, sesudah pembagian bus para peserta ldk berangkat menuju ke lokasi di Buper Al-Amin, Ngargoyoso Karanganyar.

Pada pukul 15.00 WIB para peserta LDKS tiba di lokasi. Setelah memasukkan barang ke tenda masing-masing, kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Pembukaan LDKS OSIS, MPK dan Ketua ekstra. Setelah Upacara Pembukaan, peserta LDKS melaksanakan ISHOMA hingga pukul 19.30. Kegiatan LDKS pada hari pertama diisi dengan materi komunikasi dan tata krama yang disampaikan oleh Bapak Sundoro Andi Prasetyo. S.Pd. Pada sesi komunikasi dan tatakrama, peserta LDKS mendapatkan pengetahuan mengenai tata krama dalam berkomunikasi dengan orang lain dan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Kemudian pada pukul 19.30 sampai 22.00, peserta LDKS mendapatkan materi kepemimpinan yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Husein,S.Pd.I. Dalam sesi materi kepemimpinan yang disampaikan langsung oleh pembina osis dan mpk, peserta LDKS endapatkan banyak bekal untuk menjadi sosok pemimpin yang baik. Setelah materi selesai, peserta LDKS dipersilahkan untuk isirahat di tenda masing-masing.

Pada hari kedua, Jumat, 17 maret 2023 kegiatan LDKS diawali dengan Ibadah menurut kepercayaan masing-masing dan dilanjutkan dengan senam pagi yang di ikuti baik dari panitia maupun peserta LDKS. Setelah itu, peserta melaksanakan ISHOMA dan makan pagi. Kegiatan selanjutnya dimulai pukul 08.45. Materi pertama di sampaikan oleh Bapak David Ardianto, S.Pd., M.Pd dengan tema Pengelolaan Dana Kegiatan Siswa, materi yang di sampaikan ini bertujuan agar para peserta LDKS mengetahui bahwa tidak semua anggaran dapat mencukupi seluruh kegiatan yang direncanakan oleh OSIS, MPK dan Ketua Ekstra, sehingga perlu perencanaan kegiatan yang baik agar dapat terselenggara. Peserta LDKS juga diberi penjelasan mengenai bagaimana tata kelola dana yang masuk di sekolah dan yang dapat dialokasikan untuk kegiatan-kegiatan kesiswaan. Materi selanjutnya adalah materi mengenai penyusunan proposal yang baik dan benar yang di sampaikan oleh bapak Tedianto S.Pd., M.Si. Dan bapak Sundoro Andi Prasetyo. S.Pd. Pada sesi ini, setiap perwakilan dari ekstrakurikuler diberi tugas untuk membuat proposal rencana kegiatan. Dalam praktik penyusunan proposal, ketua ekstra dibantu oleh pengurus osis dan mpk. Kemudian setelah selesai, peserta LDKS melaksanakan kegaitan ISHOMA dan sholat jumat bagi peserta laki-laki yang beragama islam.

Setelah ISHOMA, kegiatan dilanjutkan oleh pemateri Bapak Eko Aris Setyawan S.Pd dengan tema wawasan kebangsaan. Pada sesi ini peserta LDKS diberi materi mengenai pilar-pilar pancasila dan bagaimana menjadi warga negara yang baik, pada sesi ini juga diberi penjelasan mengenai paham-paham yang harus dihindari sebagai warga negara seperti paham-paham radikal dan sebaginya. Setelah materi Kebangsaan selesai, peserta LDKS diberi kesempatan untuk mengenal lingkungan alam di sekitar dengan melakukan eksplore di area sekitar. Indonesia merupakan negara yang banyak dianugerahi Tuhan akan kekayaan alam, salah satu kekayaan alam yang ada di indonesia terletak di kecamatan Ngargoyoso. Pegunungan yang asri dan kebudayaan jawi seperti halnya situs Planggatan yang menceritakan mengenai tradisi prasejarah di lereng barat gunung lawu menghiasi daerah ini. Setelah berjalan-jalan, peserta melaksanakan kegiatan ISHOMA hingga pukul 19.30. Pada pukul 19.30-22.00 kegaiatan dilanjutkan dengan materi dinamika kelompok dan seni yang merupakan materi terakhir dari hari kedua. Materi tersebut di sampaikan oleh bapak Djoko Karnawa, S.Pd. dan para peserta LDKS diberi kesempatan untuk mengeluarkan potensi yang di miliki melalui wadah dinamika seni. Hari ke-3, Sabtu,18 Maret 2023 kegiatan ldk di awali dengan ibadah dan senam pagi. Setelah senam, peserta melaksanakn ISHOMA dan dilanjutkan pada pukul penyampaian materi pada pukul 08.45 -09.45 oleh Bapak Rizal Al Muhari S.Pd.Si.,M.Pd. mengenai kedisiplinan. Pada materi kedisiplinan ini, peserta LDKS diberi pengertian mengenai apa itu disiplin, bagaimana menerapkannya di kehidupan sehari-hari, dan membentuk sikap para siswa yang lebih baik dengan mematuhi aturan serta tata tertib yang berlaku baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Setelah materi Kedisiplinan, pada pukul 10.00 WIB para peserta melaksanakan upacara penutupan kegiatan LDKS. Setelah upacara selesai, peserta melakukan persiapan untuk pulang. Tidak lupa para peserta membersihkan area sekitar tenda agar tidak ada sampah sedikitpun. Peserta LDKS melaksanakan perjalan pulang pada pukul 10.45 WIB dan sampai di SMA Negeri 1 Wonogiri pada pukul 13.00 WIB

Written by