SOSIALISASI ” CEGAH STUNTING DENGAN PANGAN B2SA”

Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Wonogiri ke 282, pada hari Senin tanggal 8 Mei 2023 pemerintah Kabupaten Wonogiri melakukan Sosialisasi “Cegah Stunting dengan Pangan B2SA” yang dihadiri oleh perwakilan siswi dari SMA/SMK di Kabupaten Wonogiri. SMA Negeri 1 Wonogiri turut berpartisipasi pada kegiatan tersebut dengan mengirimkan perwakilan 25 siswi dari OSIS/MPK SMA Negeri 1 Wonogiri.

Pembicara pada kegiatan kali ini adalah Ibu Sri Arianti dari Bidang Keluarga Sejahtera PPKB P3A dan Ibu Dr. Titik Setyaningsih dari Kepala Bidang Kesehatan Kabupaten Wonogiri  yang menyampaikan tentang sikap-sikap  yang diperlukan untuk mencegah stunting pada tumbuh kembang anak di masa mendatang. Sesuai yang telah disampaikan sebelumnya, sikap yang dapat dilakukan oleh remaja putri saat ini antara lain yaitu dengan menjaga perilaku dari pergaulan bebas dan membiasakan pola hidup sehat dengan mengonsumsi gizi seimbang dan TTD guna menjaga zat besi dalam tubuh. Selain itu remaja juga perlu mengetahui usia matang untuk melangsungkan pernikahan yaitu minimal 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki.

Selain hal tersebut, yang perlu diperhatikan yakni pencegahan stunting pada saat bayi dalam kandungan. Hal yang dapat dilakukan yakni dengan menjaga nutrisi pada ibu bayi dan menjaga zat besi dalam tubuh. Pada bayi pasca lahir, cara yang dapat dilakukan antara lain dengan memberi asi exclusif pada bayi selama 6 bulan, melakukan imunisasi rutin, dan memberikan vitamin A serta taburia secara teratur setiap tahun.

Written by