Talia Sabun Kulit Gatal

Talia Sabun Kulit Gatal

Sabun merupakan salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat. Produk tersebut dimanfaatkan setiap hari oleh semua kalangan masyarakat, baik kelas atas, menengah, maupun bawah. Banyak jenis-jenis sabun yang ditawarkan salah satunya adalah sabun untuk mengobati gatal. Akan tetapi, banyaknya sabun yang memberikan dampak instan namun menggunakan bahan kimia berbahaya dan kurang aman untuk kulit. Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Akibat jangka pendeknya dapat menyebabkan alergi atau kulit kering. Sabun gatal yang baik harus mengandung kandungan yang aman untuk kulit dan dapat mengatasi gatal. Salah satunya adalah sabun yang terbuat dari daun ketapang.
Ketapang atau Terminalia catappa merupakan tumbuhan asli dari Asia Tenggara. Pohon ketapang sering ditanam di taman-taman kota atau pinggiran jalan karena daunnya yang rindang dapat digunakan sebagai peneduh. Banyak yang belum mengetahui manfaat dari daun ketapang ini. Daun ketapang (terminalia catappa) yang berjatuhan hanya dianggap sebagai sampah yang mengotori jalan. Akan tetapi, daun ketapang ini cukup populer di kalangan pencinta ikan. Ketapang yang mengering dapat melepas asam organik seperti humic dan tanin yang dapat menurunkan pH air dan menyerap bahan kimia berbahaya sehingga memberikan kondisi air yang nyaman bagi ikan.
Kandungan asam organik pada daun ketapang baik untuk mengatasi gatal pada kulit akibat jamur. Dengan kandungan tersebut sangat disayangkan apabila daun hanya dibiarkan begitu saja. Belum adanya produk sabun daun ketapang untuk meringankan gatal pada kulit akibat jamur mendorong untuk diadakan penelitian ilmiah dengan judul “Sabun Herbal Talia untuk Pengobatan Kulit Gatal”.

Untuk membuat sabun ini kita menggunakan alat dan bahan, antara lain:

Alat:

  1. Panci
  2. Pengaduk
  3. Timbangan
  4. Cetakan
  5. Gelas ukur
  6. Pisau

Bahan:

  1. Ekstrak daun ketapang (terminalia catappa) kering (2,15 gram/ 2 lembar)
  2. Melt & pour soap base (250 gram)
  3. Peppermint essential oil (3 tetes)
  4. Lemon essential oil (3 tetes)
  5. Pewarna makanan (kuning)
  6. Air bersih

Cara Pembuatan:

  1. Membuat ekstrak daun ketapang dengan cara memasukkan daun ketapang  ke dalam 200 ml air dan merebus hingga air menyusut menjadi 10 ml
  2. Menimbang soap base sesuai kebutuhan, kemudian memotong dadu agar mudah meleleh saat dipanaskan.
  3. Memasukkan soap base ke dalam panci dan memanaskan hingga semua soap base
  4. Setelah meleleh, mendiamkan sebentar dan menambah essential oil dan ekstak daun ketapang lalu mengaduk hingga tercampur rata.
  5. Menambahkan beberapa tetes pewarna makanan.
  6. Memasukkan campuran tersebut ke dalam kecetakan dan membiarkan hingga mengeras.
  7. Sabun siap digunakan.

One thought on “Talia Sabun Kulit Gatal

  1. Sugiyarti, S.Pd.,M.Pd. says:

    Semoga menginspirasi bagi generasi angkatan berikutnya, untuk lebih kreatif dan inovatif dalam berkarya lebih banyak lagi, semangat berprestasi…
    “Maju bersama hebat semua”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *